Jumat, 09 November 2012

Mythologi VALKYRIE


Mythologi - DiBalik Nama VALKYRIE



THE CHOOSEN OF THE SLAIN

Kata Valkyrie digunakan oleh para pelajar Anglo-Saxon untuk memoles nama dewi Yunani-Romawi, dewi pembalasan, hukuman, para kemurkaan, sang dewi perang Romawi, Bellona. Dewi Valkyrie dari keyakinan tertua adalah dewi mayat disimbolkan oleh gagak si pemakan bangkai. Valkyrie juga terkait dengan legenda dari bangsa Celtic, dewi irish, sang pembawa ramalan takdir dari pria yang terjun ke medan perang yang juga membawa gagak ke dalam medan perang.

Valkyrie dari bahasa Nordik kuno: Valkyrja
Secara etimologis valkyrie itu berarti “pemilih yang terbunuh”.

Kata Valkyrie itu sendiri berasal dari 2 kata dalam old norse , yaitu valr (noun) yang merujuk pada yang gugur di medan perang dan kosa kata yang berarti “memilih”. Kata yang sering dikaitkan dengan Valkyrie itu dalm bahasa Old Norse adalah Oskmey dan Odins Meyar (Odin’s Girl).

Dari kata valkyrie menjadi kata Waelcyrge dalam Bahasa Inggris Kuno yang “bisa” diartikan sebagai “tukang sihir wanita”. 

Dalam mitologi Norse, adalah putri dari Odin sang dewa utama, sering disebut gadis Odin. 
Valkyrie sebenarnya adalah seorang manusia yang meninggal dalam keadaan masih gadis dan kemudian arwahnya diangkat menjadi Valkyrie, sehingga selain mereka dikenal sebagai  The Choosen of the slain, mereka juga dikenal dengan panggilan The Maiden Battle. Mereka bertugas, terbang dengan kuda mereka diatas setiap pertempuran untuk memilih jiwa-jiwa dianggap mati secara heroik. Adanya kepercayaan wanita berkuda ajaib dari surga telah tersebar luas dalam budaya Jerman dan Skandinavia, meskipun mereka dipanggil dengan nama yang berbeda.

Mereka juga bisa mengubah diri menjadi angsa, serigala atau burung gagak. Seringkali Valkyries ketika melakukan kunjungan pribadi ke bumi, mereka muncul sebagai angsa mencari aliran untuk mandi. Tindakan ini berbahaya bagi Valkyrie, karena jika ada orang yang mencuri bulu angsa dari jelmaan Valkyrie, maka ia tidak bisa kembali ke Valhalla, apalagi jika ia diinginkan,untuk menjadi pasangan manusia yang menemukan jubah bulunya atau ditukar dengan permohonan lainnya. Jika seseorang bisa menangkap dan menahan seorang gadis angsa, bulu atau jubah berbulu nya, orang bisa menukar jubah bulu tersebut dengan keinginan. Inilah sebabnya mengapa Valkyrie kadang-kadang juga dikenal sebagai gadis keinginan.

Selain itu apra Valkyrie memiliki banyak julukan di mana mereka disebut dengan: Battle Maidens, Maidens Corpse, Maidens Shield, Maidens Helm, Wish Maidens, Maidens Swan, Maiden White Helm, Maiden Bright, Maiden Sun-Bright, Maiden South, dan banyak lainnya.

TUGAS VALKYRIE
Valkyrie melaksanakan kehendak Odin dalam menentukan pemenang dalam pertempuran dan perang. Karena setiap Valkyrie melakukan tugas yang berbeda sesuai dengan instruksi Odin, tetapi tugas utama mereka adalah untuk terjun ke medan perang dan memilih pahlawan yang gugur dari pertempuran. Agar bisa dipilih oleh Valkyrie dan dibawa dengan kuda putihnya ke Valhalla dianggap suatu kehormatan dan keinginan dari para prajurit Viking yang sekarat. Valkyrie hanya memilih yang paling berani dari jiwa yang mati dari pertempuran. lalu para roh pejuang dikumpulkan dan mana yang dianggap layak ditempatkan kehidupan mereka selanjutnya yaitu menjadi ksatria Odin  umtuk persiapan Ragnarok nanti. Para arwah pahlawan pilihan Valkyrie inilah yang dikenal dengan nama Einherjer. Namun, jika para pejuang Viking yang dianggap tidak layak oleh para Valkyrie, maka arwah mereka akan dikirim ke dewi Hel yang menguasai dunia underground atau neraka.

Masing-masing Valkyrie  memiliki atribut mistis yang sesuai dengan nama mereka. Para Valkyrie digambarkan sebagai wanita muda, cantik, namun bengis yang berpakaian megah dengan baju besi, lengkap dengan helm perang dan bersenjatakan pedang , kampak dan tombak serta mengendarai kuda perang mereka. Valkyrie selalu bergerak dalam suatu kelompok kecil dipimpin oleh pemimpin mereka yang bernama Brynhild ("Bright Battle").  Para Valkyrie adalah utusan Odin dan ketika mereka bertugas, baju besi mereka menyebabkan cahaya berpendar aneh yang dikenal sebagai "Aurora Borealis" atau Northern Lights.

Orang Viking percaya bahwa ketika seorang pejuang pemberani akan mati di tengah-tengah pertempuran, ia akan melihat sosok Valkyrie, datang untuk membawanya ke langit ke Valhalla. Sebelum pertempuran, Para Viking memanggil nama Odin, sehingga ia bisa mengirim para Valkyrie-nya untuk memilih yang terbaik dari pejuang yang akan mati.

PARA VALKYRIE
Pemimpin atau ratu Valkyrie adalah Dewi Freyja. Sang Ratu valhala, istri dari Odin sekaligus tangan kanan Odin dalam memerintah para Valkyrie. Freyja dikatakan sebagai Valkyrie yang pertama disebut Valfreya, "Mistress of the Slain". Dia sebenarnya adalah dewi dari kaum Vanir simbolisasi dari cinta, kesuburan, dan keindahan dan kadang-kadang diidentifikasi sebagai dewi perang dan kematian. Jika Valkyrie diidentikkan dengan hewan gagak, serigala dan angsa, maka dewi Freyja diidentikkan dengan kucing dan elang. Akan tetapi, Freyja lebih dikenal sebagai dewi para kucing dan mempunyai dua kucing kesayangan yang menemaninya kemana saja. Karena itu orang viking menghormati kucing karena mereka adalah hewan kesayangan dewi Freyja, sang Ratu Valhala. Freyja juga memiliki jubah ajaib dari bulu elang yang memungkinkan dia untuk mengambil bentuk elang. Hal ini sama dengan jubah ajaib yang dimiliki para Valkyrie yang memiliki "mantel berbulu" yang membuat mereka bisa berubah bentuk menjadi angsa.

Terkadang, Dewi Freyja datang sendiri dengan kereta kebesarannya yang ditarik oleh dua ekor kucing ke medan perang mencari jiwa-jiwa pemberani.  Freyja yang merupakan salah satu dewi tertinggi dari kaum Vanir yang tinggal dengan kaum Aesir dalam perjanjian damai antara Dewa Aesir (langit) dan Dewa Vanir (bumi), ia meminta permintaan kepada Odin, bahwa ia berhak atas setengah dari pahlawan mati untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, para Einherjar milik Freyja tidak dibawa ke Valhalla, tapi ke ruang perjamuan Sessrumnir.

Di Valhalla para Einherjar berlatih setiap hari hingga matahari terbenam. Malam harinya Odin akan menjamu para Einherjar, makanan yang disajikan pada jamuan ini bisa menyembuhkan stamina dan luka-luka para Einherjar secara total.sehingga mereka siap untuk berlatih kembali keesokan harinya. Bila tidak bertugas dalam mengumpulkan jiwa dari medan perang, para Valkyrie akan mengenakan jubah dan gaun putih layaknya dewi. Mereka menghabiskan waktu mereka di aula besar emas Valhalla yang cukup besar untuk menampung semua prajurit. Para Einherjar mendapat kehormatan dari para Valkyrie dengan menuangkan anggur madu yang akan memulihkan stamina mereka untuk berlatih bertarung keesokan harinya.

Para Valkyrie, adalah 'anak' perempuan Odin, seperti halnya Einherjar (prajurit terpilih Odin) adalah 'anak' laki-laki Odin. Tiap gadis yang menjadi Valkyrie tetap abadi dan kebal selama mereka mematuhi Dewa dan tetap perawan. Oleh karena itu, Valkyrie dilarang jatuh cinta karena ia harus suci untuk selamanya jika masih menginginkan keabadian dan kekuatan atau ia akan kehilangan status dewa mereka atau bahkan lebih parah.

Diantara para Valkyrie, ada beberapa Valkyrie yang terkenal di dalam mitos Viking. Salah satunya adalah Valkyrie Brynhild (juga dikenal sebagai Brunnehild, Brunhild, atau Brunhilda), yang muncul di sejumlah legenda, komik dan game

LEGENDA PARA VALKYRIE

1. Valkyrie Brynhild
Brynhild ("Bright Battle") adalah seorang Valkyrie yang cantik, anak dari Budli, saudara dari Atli dan Bekkhild. di Poetic. Menurut Islandia "Saga Volsunga" dia adalah tangan kanan dari Dewi Freyja dalam memimpin kelompok kecil Valkyrie yang terdiri dari 7-8 orang valkyrie. Meskipun ia adalah favorit Odin dan Freyja, tetapi dia pernah tidak mematuhi perintah Odin. Sehingga Odinpun murka dan ia pun dihukum oleh Odin karena ketidaktaatannya.
Suatu hari ia diperintahkan untuk bertarung melawan salah satu dari 2 raja : Hjalmgunnar dan Agnar. Brynhild tahu bahwa Odin lebih memihak raja yang lebih tua,Hjalmgunnar. sehingga Odin menjanjikan padanya sebuah kemenangan. tapi pada saat mereka berdua bertarung, Brynhild membunuh Hjalmgunnar. Odin sangat marah pada Brynhild, sehingga Odin mencabut "Immortality" dari Brynhild, dan Brynhild dibuat tertidur di lingkaran api dan tidak akan bangun sampai ada seorang lelaki yang berani menerobos kobaran api untuk menolongnya.

Dalam waktu yang sangat lama Brynhild tertidur, sampai pada akhirnya datang salah satu pahlawan Norse  bernama Sigurd atau biasa dikenal dengan nama Siegfrie. Sigurd adalah seorang pahlawan muda yang gagah berani yang banyak mengalami kemenangan pertempuran demi pertempuran. 
Sigurd adalah anak dari Sigmund dan Hjordis. Ia adalah pemegang pedang magis buatan ayahnya yang dinamai Gram atau biasa dikenal dengan nama "BALMUNG". Ia juga mempunyai seekor kuda ajaib, kuda dari keturunan Sleipner, kuda perang Odin. Bahkan odin sendiri yang  membantu Sigurd untuk memilih kuda yang setia dan tidak kenal rasa takut bernama Grani. Sigurd juga bisa mengerti bahasa burung dan memiliki kekuatan yang sangat besar serta keberanian setelah memakan jantung naga Fafnir. 
Dengan berani Sigurd menerobos lingkaran api dan menolong Brynhild, atas perbuatannya ini Brynhildr pun jatuh cinta padanya. Tetapi ternyata Sigurd kemudian harus meninggalkan Brynhild karena ia masih ada banyak tugas yang harus diselesaikan. Sigurd berjanji untuk kembali padanya ketika ia telah menyelesaikan tugas-tugasnya. Sebagai tanda cinta dan ikatan diantara mereka, dia memberikan Nibelung Ring kepada kekasihnya, Brynhild. Cincin ini sebenarnya telah dikutuk oleh dwarf Andvari pembuatnya dimana setiap manusia pemakainya akan mengalami tragedi menyedihkan dalam hidupnya. Cincin itu ia dapatkan setelah membunuh Fafnir sang naga dan Regin, kemudian Sigurd memperoleh harta yang banyak dan sebuah cincin terkutuk Andvari.

Mungkin karena cincin terkutuk tersebutlah yang membuat cinta Brynhild dan Sigurd tidak pernah bertemu. Karena Sigurd kemudian meninggal dalam perang dan Brynhild yang sedih memutuskan untuk bunuh diri. Ada juga riwayat lain mengatakan Brynhild menemani jasad Sigurd yang dibakar oleh api sehingga mereka terbakar bersama. Tetapi mereka memang bertemu lagi dalam kematian di dunia Dewi Hel.

2. Lenneth-Hrist-Silmeria
ketiga Valkyrie ini terdapat dalam sebuah game terkenal Play Station yang berjudul Valkyrie Profile. Akan tetapi, dari ketiga Valkyrie ini, hanya Valkyrie Hrist yang benar-benar merupakan Valkyrie yang tercatat didalam legenda norse.

Di Dalam GAME, Cerita Valkyrie ini sebenarnya terinspirasi dari kisah percintaan Valkyrie Brynhild dengan Sigurd. Akan tetapi, Brynhildr namanya diganti menjadi Valkyrie Lenneth dan Sigurd diganti dengan nama Lucian.

Lenneth, Hrist dan Silmeria, adalah Valkyrie istimewa dibandingkan para Valkyrie lainnya. Keistimewaan mereka adalah mereka berbagi satu tubuh dan bangun bergantian. Jika satu terbangun, maka 2 valkyrie lainnya dikirim ke dunia manusia untuk latihan dengan berinkarnasi sebagai manusia agar lebih memahami jiwa manusia. sampai mereka meninggal dan kembali ke Valhala dan dibangunkan kembali sebagai Valkyrie. Ketiga Valkyrie ini walaupun mempunyai kecantikan yang sama, akan tetapi ciri fisik mereka berbeda. Lenneth, sang Silver Valkyrie, mempunyai rambut berwarna perak. Hrist yang dikenal sebagai dark Valkyrie yang mmepunyai komitmen tinggi terhadap tugasnya mempunyai rambut berwarna hitam legam. Dan Silmeria, sang Gold Valkyrie, mempunyai rambut seperti emas dan ia paling lemah tapi berhati paling lembut diantara kedua Valkyrie lainnya.

Diceritakan, giliran Valkyrie Lenneth yang bertugas sebagai Valkyrie dan menguasai tubuh tersebut dalam jangka waktu tertentu. Dan 2 roh Valkyrie lainnya 'tertidur' dalam dunia manusia, menunggu saat kebangkitan mereka. Seperti biasa, Lenneth bertugas untuk mengumpulkan jiwa para pahlawan untuk dijadikan Einherjar. Dalam perjalanannya mengumpulkan para roh Einherjar, ia mengalami berbagai kisah kehidupan Einherjar yang ia kumpulkan.

Tapi pada suatu hari, ketika Lenneth mencari calon Einherjar lainnya dalam suatu kota,  ia bertemu dengan seorang pemuda bernama Lucian yang pada awalnya Lucian mengira Lenneth adalah Platina. Seorang gadis kecil yang ia cintai yang telah meninggal dikala Platina baru berumur 14 tahun. Awalnya Lenneth tidak begitu memperduilkannya. Akan tetapi, Lenneth sering bermimpi tentang seorang gadis kecil berambut perak seperti dirinya yang bernama Platina. Dan akhirnya Lenneth menyadari, itu bukanlah sekedar mimpi. Tetapi itu adalah ingatan dikehidupannya saat bereinkarnasi menjadi manusia.

Pengalaman Lenneth menjadi manusia ternyata cukup menyedihkan. Tetapi dimasanya menjadi manusia, ia jatuh cinta kepada seorang pemuda bernama Lucian yang menolongnya melarikan diri disaat ia akan dijual oleh paman dan bibinya. Akan tetapi, nasib Platina dan Lucian berakhir tragis, dengan kematian Platina yang meninggal akibat menghirup serbuk bunga beracun disebuah ladang. Dan rasa cinta Platina kepada Lucian ternyata sangat besar. Sehingga disaat ia terbangun menjadi Valkyrie Lenneth, ingatan masa lalunya sebagai Platina terutama rasa cintanya kepada Lucian, ternyata tidak terhapus secara sempurna.
Di lain pihak, Valkyrie tidak diperbolehkan merasakan cinta dan memory kehidupannya sebagai manusia harus dibersihkan agar tidak mengganggu tugasnya. Hal ini diketahui oleh Freyja dan Odin. Tetapi Lenneth berusaha untuk tetap mempertahankan perasaan cintanya dan mencari Lucian yang ternyata sudah dibunuh oleh tentara dan menjadi Einherjar.

Tindakan Lenneth ini dianggap pembangkangan sehingga memaksa Odin dan Freyja membangkitkan Valkyrie Hrist untuk menggantikan tubuh Lenneth dan roh Lenneth tidur abadi didalam lingkaran api sehingga ia tidak akan bisa bereinkarnasi sebagai manusia lagi sebagai hukuman. Para Einherjar yang dikumpulkan oleh Lenneth, merasa tidak rela Valkyrie mereka digantikan oleh Hrist. Dan mereka bersatu melawan Hrist agar kembali tertidur dan menolong roh Lenneth keluar dari lingkaran api tersebut

Hrist merupakan salah satu Valkyrie terkuat diantara 3 Valkyrie dalam tubuh mereka. Akan tetapi, tekad dan rasa cinta Lucian bersama para Einherjar  terhadap Lenneth, berhasil mengalahkan Hrist, dan dengan berani Lucian menolong roh Lenneth yang terperangkap didalam lingkaran api dan membangkitkan kembali Lenneth untuk kembali kedalam tubuh tersebut.

Selain kisah Lenneth, Play Station kembali membuat sequel yang berjudul Valkyrie Profile 2: Silmeria. Ya, kali ini menceritakan kisah Valkyrie Silmeria yang melarikan diri dari tubuh utamanya dan merasuki tubuh seorang putri raja dan mereka berbagi dua kesadaran dalam satu tubuh. Dan lagi-lagi, lawan mereka kali ini juga adalah Valkyrie Hrist yang bertugas menjemput Silmeria untuk kembali pulang ke Valhala dan kembali masuk ke tubuh mereka. Dan di saat ini, Valkyrie profile 3: Hrist masih dalam masa tahap pembuatan.

Berikut adalah beberapa nama Valkyrie didalam sejarah Viking
1. Freyja atau Valkreya - Valkyrie pertama, Pemimpin dari semua Valkyrie
2. Brynhild Brynhildr (Bernie of Battle atau Bright of Battle)
3. Eir (Peace, clemency atau help, mercy)
4. Geirahöd (Tombak Pertempuran )
5. Geironul Geirskogul Goll (Battle Cry)
6. Göndul (Magic Wand atau Enchanted Stave atau WereWolf)
7. Gunn Gunnr (Pertempuran)
8. Gunwar (Gunnvör di Old Norse, Gunnora di Old Inggris, Oath War)
9. Guth Hede (Heiõr di Old Norse)
10. Heath (sering ditemukan sebagai nama penyihir terkait dengan Heathen)
11. Herfjötur (War-Fetter)
12. Hervör (Warder dari Host)
13. Hild/ Hildr(Pertempuran
14. Hirst (The Shaker)
15. Hlathguth (The Noble Maiden Necklace)
16. Hlökk (Kebisingan, Inti dari Pertempuran)
17. Hörn (Lady of Flax)
18. Kara Ladgerda Mist (The storm atau The wild)
19. Mist (the mist or The Fog)
20. Olrun (Penguasa Rune)
21. Prungva (The Lost Love)
22. Prúõr (Power)
23. Randgriõr (Perisai of Peace)
24. Randgrith Ráõgriõr (Counsel of Peace)
25. Reginleif (Heritage of the Gods)
26. Rota (Dia Yang menyebabkan Kekacauan)
27. Sigrdrifa (The Win of Blizzard)
28. Sigrun (Victory Rune)
29. Syr (The Sow, The Protector)
30. Skeggjöld ( The Battle Axe)
31. Skjálf (Shield, Sang Pelindungi)
32. Skögul (Battle atau Rager)
33. Skuld (The Future)
34. Svava Swanhwid (Svanvit di Old Norse, The White Swan)
35. Vanadis (Dewi Vanir)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atas Komentar Anda....